Hanbok(Korea Selatan) atau Chos┼Ćn-ot(Korea Utara) adalah pakaian tradisionala rakyat korea. Secara harafiah hanbok berarti pakaian orang korea (han;korea, bok;pakaian). Umumnya hanbok berwarna-warna terang dan tidak memiliki saku. Hanbok terbagi atas baju bagian atas (Jeogori), celana panjang untuk laki-laki (baji) dan rok wanita (chima). Hanbok yang digunakan sekarang umumnya mengacu pada pakaian dinasti Joseon. Di jaman sekarang, hanbok hanya digunakan pada perayaan-perayaan penting atau upacara pernikahan dan ulang tahun.

Nah, disini saya akan memberikan gambaran tentang hanbok-hanbok yang di pakai pada kerjaan Joseon. Tapi mungkin untuk sekarang yang saya perlihatkan hanya untuk perempuan kerajaan saja, sisanya mungkin lain kali hihihhh. Kebanyakan saya ambil dari Dong Yi jewel In The Crown.

Berikut contoh hanbok yang digunakan pada dinasti Joseon:



1. Dangui yang dikenakan ratu dalam sehari-harinya memiliki berbagai pilihan warna dan model.



Di atas adalah dangui yang dikenakan oleh Queen Inhyeon dalam Dong Yi Jewel In The Crown.


Ini adalah hanbok Queen Inhyeon yang lain lagi. Sepertinya Queen Inhyeon memang pantas dengan hanbok berwarna kalem, sesuai dengan karakternya.


Kali ini Queen Inwon dengan hanbok ratu warna biru-nya.

Di atas adalah hanbok Queen Jang Ok Jung masih dalam drama Dong Yi. Warna gelap sepertinya sesuai dengan karakternya yang antagonis.


Di atas adalah hanbok ratu namun dengan hiasan kepala yang berbeda yang di sebut eoyeo meori, yaitu gaya rambut yang hanya diperuntukan pada wanita kerajaan.

2. Dangui yang di pakai oleh puteri raja hampir sama dengan dangui milik ratu. Hanya saja memiliki geumbak (motif) bunga bukan naga atau pun burung phoenix.



Di atas adalah gambar Se Ryung yang menyamar menjadi Puteri. Perhatikan pada motif-motif pada Dangui-nya, yaitu bunga-bunga bukan naga seperti Ratu atau pun Ibu Suri.


Dangui milik puteri Min Hwa dalam The Moon and The Sun hanya memiliki lambang bunga di bagian depan dan belakang, tidak memiliki banyak geumbak seperti milik Se Ryung. Mungkin karena ia masih anak-anak jadi dangui dibuat sedikit sederhana.


3. Dangui milik Ibu Suri sama dengan milik Ratu yang berbeda mungkin hanya pakaian untuk upacara khusus, selain itu sampai saat ini saya belum bisa membedakannya...^^V




4. Dangui yang dikenakan oleh selir raja umumnya sama dengan dangui lain hanya saja tidak memiliki lambang seperti ratu dan putri juga memiliki geumbak yang berbeda.


Selir Jang Ok Jung, sebelum masuk keputren pada Jeogori tidak memiliki geumbak.


Dong Yi saat diangkat menjadi Sanggung. Selir raja yang belum resmi. Gelarnya Chun Sanggung.


Dong Yi ketika sudah diangkat menjadi selir tingkat 4 dengan gelar Choi Sukwon.


Dong Yi ketika sudah kembali ke istana, ia merubah warna Dangui-nya namun masih dengan gelar yang sama Choi Sukwon.


Dong Yi naik pangkat menjadi selir tingkat 2 sengan gelar Choi Sook-ui.




Dong Yi diangkat menjadi selir tingkat 1 dengan gelar Choi Sook Bin.


 5. Hanbok dangui yang dikenakan oleh Sanggung atau kepala dayang pengiring umumnya berwarna hijau giok tua seperti Kasim. dengan model yang sama seperti milik keluarga raja hanya saja tidak memiliki motif.


(kiri; sanggung, kanan;dayang)

huuuftt... udah segitu dulu ya! Saya capek heheh lain kali jika ada niat dan waktu bakal saya lengkapin lagi Ok!



Comments (0)